Es di Greenland Mencair 7% Lebih Cepat Dari Perkiraan Para Peneliti

Apakah kamu merasa bahwa setiap hari dibumi semakin panas ? Jika, iya perasaan kamu benar. Karena baru-baru ini, ditemukan bahwa lapisan es yang berada di Greenland telah kehilangan 2.700 gigaton dalam periode tahun 2003-2013.  Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 7,6 persen.  Menurut sebuah studi baru dalam jurnal Science Advances, titik panas batu mantel di bawah Greenland melunak sehingga muncul distorsi untuk mencairkan badan es di Greenland. Menurut Michael Bevis dari The Ohio State University2, hal ini disebabkan karena banyak orang yang meremehkan lelehan sebesar 20 gigatons tiap tahun. Disamping itu, faktor pendukung lainnya adalah permukaan bumi yang menjadi panas oleh energi surya yang dipancarkan. Selain itu, gas-gas tertentu di atmosfer, yang disebut gas rumah kaca, memungkinkan kondisi lebih sulit untuk dapat menyerap panas yang terpancar dari permukaan bumi, sehingga gas ini menjebak panas dalam sistem Bumi. Gas rumah kaca, seperti uap air, karbon dioksida, metana dan dinitrogen oksida, adalah bagian penting dari atmosfer kita karena mereka terus menyelimuti bumi dari menjadi bola es dengan suhu permukaan sekitar 0 ° F. Namun, selama abad terakhir sejumlah gas rumah kaca dalam atmosfer kita telah meningkat dengan cepat, terutama karena pembakaran bahan bakar fosil, yang melepaskan karbon dioksida ke atmosfer. Akibatnya, dalam seratus tahun terakhir suhu global telah meningkat lebih cepat dalam catatan sejarah. Para ilmuwan percaya pemanasan ini dipercepat karena adanya peningkatan jumlah gas rumah kaca1. Menurut data terbaru yang dirilis NASA, suhu global bulan Februari 2016 1,35 derajat Celcius lebih hangat dari rata-rata kenaikan pada umumnya. Bob Henson dan Jeff Masters dari situs Weather Underground mengatakan: “benar-benar mengejutkan dan mengingatkan kita mengenai kenaikan suhu dalam jangka panjang akibat gas rumah kaca ulah manusia”3.

 
Sumber :

  1. Eo.ucar.edu. (2016). How Does Climate Change?. [online] Available at: http://www.eo.ucar.edu/basics/cc_1.html [Accessed 19 Oct. 2016].
  2. ScienceDaily. (2016). Greenland ice is melting 7 percent faster than previously thought. [online] Available at: https://www.sciencedaily.com/releases/2016/10/161014150655.htm [Accessed 19 Oct. 2016].
  3. VOA Indonesia. (2016). Data NASA Tunjukkan Suhu Bulan Februari Terhangat. [online] Available at: http://www.voaindonesia.com/a/data-nasa-tunjukkan-februari-terhangat-/3236586.html [Accessed 19 Oct. 2016].

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s