Mencegah Anak Obesitas Dapat di Mulai Sebelum Proses Pembuahan.

Kunci untuk mencegah obesitas pada generasi mendatang adalah dengan membuat orang tua mereka sehat sebelum mereka hamil, saran peneliti kesehatan terkemuka.

Dalam serangkaian makalah yang dipublikasikan di The Lancet Diabetes dan Endokrinology, para peneliti mengatakan bahwa waktu sebelum pasangan hamil merupakan kesempatan terlewatkan untuk mencegah penularan risiko obesitas dari satu generasi ke generasi berikutnya. Mereka berpendapat bahwa pendekatan baru diperlukan untuk memotivasi orang tua di masa depan untuk menjalani gaya hidup sehat.

Saat ini sudah banyak bukti bahwa risiko obesitas dan kondisi terkait, seperti diabetes penyakit jantung dan beberapa jenis kanker, dapat mempengaruhi saat perkembangan bayi. Ketika anak menjadi dewasa muda, mereka dapat lolos dari risiko obesitas pada anak-anak mereka – itu adalah lingkaran setan.

Sayangnya, masalah ini tidak banyak diperhatikan. Banyak anak muda, yang lahir sehat, namun tetap di jalur berisiko obesitas, penyakit kronis dan lebih mungkin untuk meneruskan risiko ini kepada anak-anak mereka. Banyak kehamilan yang tidak direncanakan, dan beberapa kebutuhan khusus dari remaja dan orang muda pada waktu yang penting ini tidak tercukupi.

“Jika saat ini banyak orang muda tidak peduli tentang kesehatan mereka atau melihatnya sebagai prioritas rendah, mungkin hal ini karena mereka tidak diberi informasi yang jelas tentang apa yang dapat mereka lakukan untuk mengoptimalkan kesehatan mereka untuk diri mereka sendiri dan anak-anak mereka. Semua masyarakat berhutang mereka remaja karena melewatkan kesempatan mereka untuk memiliki masa depan mereka lebih sehat. Selain itu, para pemimpin politik yang telah berkomitmen untuk strategi global baru untuk Perempuan, Anak dan Kesehatan remaja menyatakan ‘harus memberikan prioritas kesehatan remaja dalam strategi kesehatan, rencana, dan anggaran nasional. Hanya tindakan ini akan memungkinkan transformasi yang diperlukan’”.

Salah satu makalah The Lancet Diabetes dan Endocrinology seri Ibu Obesitas yang diluncurkan di konferensi di Munich menunjukkan bahwa fokus intervensi perlu diarahkan ke periode kehidupan orang tua sebelum melahirkan. Hal ini membutuhkan pendekatan top-down dari para pembuat kebijakan dan penyedia layanan untuk meningkatkan peluang bagi kaum muda, khususnya di kelompok yang berisiko, untuk memimpin hidup sehat. Tapi ini saja mungkin tidak cukup, para ahli mengatakan. Selain itu, ada kebutuhan untuk sebuah gerakan sosial yang lebih luas yang menghasilkan mobilisasi bottom-up dari masyarakat dan individu, untuk membuat permintaan untuk layanan dan peluang tersebut.

 

Di sadur dari:

Science Daily. 2016.Preventing child obesity in the next generation must start before conception. [online] Diakses dari: https://www.sciencedaily.com/releases/2016/10/161013095740.htm

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s